Popular posts

Páginas

Frenducation Here

Unknown On Selasa, 05 Agustus 2014

Tentunya waktu kita masih anak anak dulu pernah atau bahkan menggemari permainan ular tangga,  ya sebuah permainan yg berupa kerta dan dadu untuk bermain ini ternyata termasuk permainan yang menyenangkan, bermain ular tangga untuk menghibur diri sangat menyenangkan, dan hal yang biasa.lalu bahgaimana jika permainan ini kita masukkan untuk belajar bahasa inggris, apakah bisa?.simak artikel berikut ini.


Gb. 1. Hasil permainan ular tangga yang dikembangkan oleh salah satu kelompok siswa.
Dengan permainan ular tangga di atas, dengan bimbingan guru setiap kelompok siswa bermain dengan kelompoknya, jika bertemu dengan kotak pertanyaan maka siswa harus mengambil kartu pertanyaan dan menjawab pertanyaan tersebut jika siswa mampu menjawab maka akan mendapat reward yang tertulis di balik  kartu pertanyaan, dan jika siswa tidak mampu menjawab maka akan mendapat  chalange  (tantangan) yang tertulis di balik kartu pertanyaan.

Gb. 2  Salah satu contoh kartu pertanyaan yang dibuat oleh siswa.
Dari hasil kegiatan tersebut, ternyata banyak hal yang didapat oleh siswa. Antara lain, siswa mampu meningkatkan perbendaharaan kata kerja dan mampu menuliskan, mengucapkan, dan membuat kalimat dengan baik dan benar ketika siswa secara aktif membuat pertanyaan dan menjawab pertanyaan dari siswa lainnya; nilai bahasa Inggrisnya pun meningkat; kreatifitas siswa berkembang karena ketika siswa membuat ular tangga tersebut siswa bisa berkreasi melalui berbagai bentuk pewarnaan, gambar, dan lain sebagainya. Siswa menjadi berani dan sportif karena dalam permainan tersebut jika ada siswa yang salah menjawab pertanyaan harus berani menghadapi tantangan. Selain itu hal yang terpenting juga dalam permainan ini adalah ada unsur permainan yang menyenangkan bagi siswa.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments